Umar, Muawiyah, & Abdul Malik

Kisah singkat ini saya ambil dari  buku karya Farag Fouda, Kebenaran yang Hilang, (terjemahan dari “Al-Haqiqah al-Ghaibah” oleh Novriantoni Kahar), halaman 91-92.

Kisah ini tentang tiga pemimpin umat Islam. Ketiganya dipisahkan oleh tiga fase: (1) yaitu fase Umar, periode gemilang al-Khulafa’ al-Rasyidun; (2) masa Muawiyah bin Abi Sufyan, pendiri Dinasti Umayyah; dan (3) Abdul Malik bin Marwan, khalifah Umayyah paling menonjol dan simbol keluarga Marwan yang menggantikan keluarga Sufyan setelah wafatnya Muawiyah bin Yazid, khalifah ketiga Umayyah. 

[ 1 ]

Pada tahun 20 H, Umar bin Khattab berkhutbah di mimbar Rasul di kota Madinah. Ketika itu, ia berbicara soal peranan masyarakat dalam lurusnya dan pelurusan seorang pemimpin. Ia lalu disanggah seorang Arab badui: “Demi Allah, kalau kami menemukan ada yang bengkok dalam kepemimpinanmu, kami akan meluruskannya dengan pedang!” 

Mimik Umar tetap bersahaja mendengarkannya. Ia kemudian mengucap syukur kepada Allah sambil melontarkan ungkapannya yang sangat terkenal itu:

“Puji syukur kepada Allah yang  tetap menyisakan di kalangan rakyat Umar orang-orang yang akan meluruskannya dengan pedangnya yang tajam.”

[ 2 ]

Pada tahun 45 H, Ibnu ‘Auf mengisahkan bahwa seorang lelaki menegur Muawiyah: “Demi Allah, hendaknya engkau bertindak lurus terhadap kami wahai Muawiyah, atau justru kami yang akan meluruskanmu!” Muawiyah menanggapi: “Dengan apa engkau akan meluruskanku?!” “Dengan kayu,” sahut lelaki itu. Tanggapan Muawiyah:

“Kalau begitu, kita akan sama-sama meluruskan diri.”

[ 3 ]

Pada tahun 75 H, Abdul Malik bin Marwan berpidato di atas mimbar Rasulullah di kota Madinah setelah terbunuhnya Abdullah bin al-Zubair. Abdul Malik bin Marwan menyatakan ancaman:

“Demi Allah, janganlah sekal-kali ada yang mengatakan kepadaku untuk bertakwa kepada Allah setelah pidatoku ini jika tidak ingin kutebas tengkuknya!”

Tagged: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s